Peningkatan Kualitas Bacaan Al Qur’an Santri TPQ Melalui Pendampingan Materi Berbasis Tematik

Main Article Content

Ahmad Shofiyuddin Ichsan
Munjahid
Anis Khairani
Muhammad Irham Masakin
Muhammad Arya Fakhrurozi
Muhammad Ayub Abdullah
Almas Angeli Rahma Alayya

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an anak-anak Taman Pendidikan al Qur’an (TPQ) melalui pendampingan materi berbasis tematik. Pengabdian ini dilakukan di wilayah Koripan 1 Dlingo Bantul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan pengabdi adalah (1) menganalisa kebutuhan, (2) membagi dua tim kelas, (3) mengajar melalui beberapa kajian tematik, (4) mendampingi anak yang masih kesulitan belajar, dan (5) mengevaluasi program untuk ditindaklanjuti. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa setidaknya ada tiga tantangan yang justru dijadikan cambuk untuk memberikan solusi yang tepat. Untuk implementasi program, pengabdi melakukan empat program unggulan, yakni (1) program pembelajaran Al Qur’an terstruktur, (2) program Tahsin dan Tajwid, (3) program fiqih ubudiyah, dan (4) program pengkaderan calon ustadz/ustadzah. Keempat program ini dapat memasyarakatkan Al Qur’an dan meng-Al Qur’an-kan masyarakat, sehingga pengembangan Al Qur’an di lokasi pengabdian berjalan lancar dan hasilnya dapat semakin meningkat.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Ichsan, A., Munjahid, Anis Khairani, Masakin, M. I., Fakhrurozi, M. A., Abdullah, M. A., & Alayya, A. A. R. (2024). Peningkatan Kualitas Bacaan Al Qur’an Santri TPQ Melalui Pendampingan Materi Berbasis Tematik. Pengabdian Cendekia, 2(2), 5-9. https://doi.org/10.63107/ekqnsh79

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.