Pendidikan Konservasi Bagi Siswa-Siswi SMTKN Diaspora Kabupaten Sorong

Main Article Content

Lanny Wattimena
Yetti S. Serkadifat
Amatus Turot
Herna Maay
Burmanus Alfons
Risna Masauna

Abstract

Pendidikan Konservasi merupakan usaha dalam menjaga keanekaragaman hayati yang bertujuan untuk mengenalkan alam kepada masyarakat sedini mungkin dan meningkatkan kesadaran mengenai alam di sekitar kita termasuk juga masalah-masalah yang ada, serta memahami nilai-nilai penting dan luhur mengenai sumber daya alam dan juga ekosistem yang ada. Sebagian besar masyarakat di Indonesia dan di Papua Barat Daya pada khususnya, masih belum memiliki perilaku peduli lingkungan, seperti masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah tidak sesuai dengan jenisnya antara tempat sampah organik dan anorganik. Sehingga perlu dilakukannya kegiatan sosialisasi tentang pendidikan konservasi bagi masyarakat khususnya pada anak-anak. Dengan demikian kami dari Program Studi Kehutanan Fakultas Ilmu Pertanian dan Lingkungan Universitas Victory Sorong merasa tertarik untuk melaksanakan Sosialisasi tentang “Pendidikan Konservasi Bagi Siswa-siswi SMTKN Diaspora Kabupaten Sorong”, dengan tujuan untuk mengubah perilaku dan sikap, serta  meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran siswa-siswi tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan, yang pada akhirnya dapat berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. Materi sosialisasi terdiri dari pengertian, tujuan, dan manfaat konservasi, upaya-upaya konservasi, serta contoh kawasan konservasi yang ada di Provinsi Papua Barat Daya. Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon yang sangat baik dari pihak sekolah, dan diharapkan memberikan manfaat bagi siswa-siswi untuk mengetahui pentingnya pendidikan konservasi sejak dini untuk mengubah perilaku dan sikap dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelangsungan hidup keragaman spesies, menjaga dan melindungi ekosistem agar tetap indah, menarik dan unik, serta dapat memanfaatkan lingkungan seefisien mungkin.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Wattimena, L., Serkadifat, Y. S., Turot, A., Maay, H., Alfons, B., & Masauna, R. (2023). Pendidikan Konservasi Bagi Siswa-Siswi SMTKN Diaspora Kabupaten Sorong. Pengabdian Cendekia, 1(2), 47-50. https://doi.org/10.63107/y54esh50

Most read articles by the same author(s)