Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Bagi Sekolah Pelaksana Kurikulum Merdeka

Main Article Content

Fahmi Rohim
Indria Wardini

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah Pendidikan Dasar di Kota Sungai Penuh merupakan langkah yang sangat penting dalam memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai alat pendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka. PMM merupakan platform edukasi yang memberikan dukungan kepada guru untuk mencapai tujuan dalam mewujudkan Pelajar Pancasila serta meningkatkan kualitas pengajaran, pembelajaran, dan kreativitas guru. Implementasi Kurikulum Merdeka membutuhkan pemahaman yang mendalam dari guru, termasuk dalam menyusun tujuan pembelajaran, merancang alur pembelajaran, membuat modul ajar, dan melaksanakan asesmen yang berguna untuk mengukur kemampuan siswa. Asesmen yang tepat dapat membantu guru menilai sejauh mana siswa mencapai kompetensi yang ditargetkan dalam kurikulum. Pendampingan dalam penggunaan PMM menjadi kunci utama dalam memastikan implementasi Kurikulum Merdeka berjalan secara optimal. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan yang ditujukan kepada kepala sekolah dan guru di SD Negeri 008XI Pasar Sungai Penuh dan SD Negeri 022XI Sumur Anyir Kota Sungai Penuh sangat relevan. Dengan demikian, diharapkan guru dan kepala sekolah dapat memanfaatkan PMM dengan baik untuk mendukung pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Ini akan membantu meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah tersebut.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Rohim, F., & Wardini, I. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Bagi Sekolah Pelaksana Kurikulum Merdeka. Pengabdian Cendekia, 1(1), 18-20. https://doi.org/10.63107/b0693488