Menuju Transparansi Ilmiah: Pengelolaan Jurnal Akses Terbuka bagi Dosen dan Pengelola Jurnal

Main Article Content

Kaspul Anwar
Lili Andriani

Abstract

Artikel ini menjelaskan implementasi program sosialisasi pengelolaan jurnal akses terbuka sebagai langkah menuju transparansi ilmiah. Program sosialisasi ini melibatkan dosen, pengelola jurnal, dan mahasiswa dalam serangkaian workshop, pelatihan, dan diskusi yang mendalam mengenai manfaat jurnal akses terbuka, praktik transparansi ilmiah, dan akses terhadap pengetahuan ilmiah terbuka. Implikasi ilmiah dari kegiatan ini sangat penting, termasuk peningkatan partisipasi peneliti dalam publikasi pada jurnal akses terbuka, meningkatnya transparansi dalam proses peer-review, dan dorongan bagi inklusivitas ilmiah. Selain itu, program ini telah membuka akses yang lebih luas terhadap pengetahuan ilmiah, mengurangi kesenjangan akses, dan memastikan manfaat pengetahuan ilmiah dapat dinikmati oleh semua pihak. Kesimpulannya, program ini bukan hanya upaya pendidikan, tetapi juga langkah nyata dalam mendukung perjalanan menuju transparansi ilmiah, inklusivitas, dan akses terhadap pengetahuan yang lebih luas. Implikasi ilmiah yang ditemukan melalui kegiatan ini menegaskan pentingnya upaya bersama dalam memperkuat integritas ilmiah dan meningkatkan manfaat pengetahuan ilmiah bagi masyarakat global.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Anwar, K., & Andriani, L. (2023). Menuju Transparansi Ilmiah: Pengelolaan Jurnal Akses Terbuka bagi Dosen dan Pengelola Jurnal. Pengabdian Cendekia, 1(1), 1-4. https://doi.org/10.63107/pfd8w752