Pendampingan Penerapan E-goverment dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Desa Tebing Tinggi Pemayung Batanghari Jambi

Main Article Content

Nurfitri Martaliah
Sofyan Sahuri
Denada Angelina
Yuda Hadi Pratama
Sindy Angraini
Anita Amalia
Dinda Salsa
Agustian Rosa Fejri
Nurul Ayu Wayuna
Rizqina Martina
Bunga Intan
Aldiansyah Aldiansyah
Resti Sisilia
Ahmad Taufik Rahmansyah
Ocktaviani Wulandari
Andrian Ela Fitriani
Maysarah Febriyanti

Abstract

E-Government merupakan pemanfaatan teknologi informasi yang dilakukan pemerintah dalam memberikan pilihan pada masyarakat untuk mengakses informasi secara mudah guna meningkatkan transparansi, akuntabilitas, maupun partisipasi masyarakat sehingga dapat menjadi sarana check and balances kebijakan dan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah. Berdasarkan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, pemerintah mengeluarkan kebijakan, yakni Instruksi Presiden no.3 tahun 2003 atas kebijakan dan strategi nasional terhadap perkembangan e-government. Penerapan e-government pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatan pelayanan lembaga pemerintahan kepada warga masyarakat melalui sistem pelayanan online, dalam prosesnya penggunaan sistem online dapat menghemat biaya dan memangkas waktu, serta meminimalisir kemungkinan terjadinya praktik korupsi (Kementerian Sekretariat Negara RI 2016).

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Martaliah, N., Sahuri, S., Angelina, D., Pratama, Y. H., Angraini, S., Amalia, A., Salsa, D., Fejri, A. R., Wayuna, N. A., Martina, R., Intan, B., Aldiansyah, A., Sisilia, R., Rahmansyah, A. T., Wulandari, O., Fitriani, A. E., & Febriyanti, M. (2024). Pendampingan Penerapan E-goverment dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Desa Tebing Tinggi Pemayung Batanghari Jambi . Pengabdian Cendekia, 2(1), 14-17. https://doi.org/10.63107/26pynr62