Pembentukan Ahlakul Karimah Siswa Melalui Pengembangan Madrasah Diniyah: Pengabdian Masyarakat Desa Gunungan Kabupaten Mojokerto

Main Article Content

Imam Safi'i

Abstract

Tulisan ini berisi laporan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dengan mernggunakan metode PAR. Metode ini diterapkan sebagai upaya untuk bisa memberikan problem-solving bagi mitra komunitas yang telah mengalami problematika pendidikan sebagaima yang disajikan diatas. Tujuannya untuk meningkatkan adanya pemahaman peserta didik melalui pendampingan terhadap beberapa materi sekolah yang selama ini dilaksanakan ditingkat TPO serta membentuk karakter santri melalui keberadaan Madin didesa Gunungan Mojokerto. Beberapa materi yang harus difahami tersebut pada intinya terbagi menjadi dua sub pengetahuan yaitu pengetahuan agama dan skil pada peserta didik.  Hasil pelaksanaan pengabdian dari sinergisitas perguruan tinggi melalui pendampingan belajar siswa menunjukkan: (1) Pendampingan belajar bahasa asing membantu mereka untuk menulis dan berbicara dengan bahasa asing (2) Pendampingan belajara pengetahuan agama sangat membantu peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan tersebut buahnys hanya ranah kognitif saja namun hingga ranah afetif dan psikomotorik. (3) Dengan adanya pendampingan yang diberikan oleh tim pengabdi sebagai upaya didalam kegiatan belajar – mengajar terhadap siswa-siswi melalui keberadaan Madin sangatlah membantu mereka.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Safi'i, I. (2023). Pembentukan Ahlakul Karimah Siswa Melalui Pengembangan Madrasah Diniyah: Pengabdian Masyarakat Desa Gunungan Kabupaten Mojokerto. Pengabdian Cendekia, 1(2), 25-34. https://doi.org/10.63107/xvc7gs17